test toefl

Mengenal 2 Macam Test TOEFL & Tipsnya

Skor TOEFL sering dijadikan acuan untuk mengetahui kemampuan bahasa Inggris seseorang. Ikuti artikel ini agar tahu cara belajar TOEFL secara mandiri

Speaking 

Tes speaking bertujuan untuk memastikan orang non Inggris mampu berbicara dalam level standar dan dengan bahasa yang bisa dipahami penutur asli. Banyak orang non Inggris yang menguasai grammar dengan baik tapi masih bingung saat diminta berbicara dalam bahasa Inggris. Dibanding 3 tes lainnya, kamu dituntut lebih spontan saat menjalani sesi sesi speaking. Jadi tidak ada cara lain selain berlatih dan berlatih.

Lakukan percakapan dengan penutur asli. Buat kalian yang tinggal di kota besar, pasti tidak sulit menemukan native speaker. Selain melancarkan skill speaking, berbicara dengan native membuat kita tahu bagaimana suatu kata diucapkan dengan benar.

Kalaupun tidak menemukan native speaker, paling tidak kamu memiliki kenalan atau saudara yang memiliki kemampuan bahasa Inggris sangat baik. Diskusikan dengan mereka tentang hobi, impian, acara televisi, atau minat yang kamu sukai.

Writing

Pada sesi ini, kamu akan diminta membuat 2 buah esai. Yang pertama adalah esai bebas (300-350 kata) dengan topik yang sudah ditentukan sebelumnya. Sedangkan pada esai kedua, kamu akan mendengar pembicaraan lalu membuat rangkuman (150-225 kata) mengenai pembicaraan tersebut. 

Cara paling mudah berlatih writing adalah dengan mendengarkan rekaman pembicaraan berbahasa Inggris lalu merangkumnya. Cara lainnya adalah dengan menemukan contoh teks bahasa Inggris, lalu kamu bisa menuliskan opini dan merangkumnya dengan bahasa kamu sendiri. 

Reading

Tes reading ditujukan untuk memastikan seseorang mampu memahami teks atau artikel berbahasa Inggris dengan lancar. Mereka akan diberikan 3 sampai 5 teks akademik dan harus menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan isi teks tersebut.

Karena waktu tes reading terbatas, jangan terpancing untuk mengartikan kata satu per satu. Berikan perhatian lebih pada bagian-bagian penting seperti nama orang, tanggal, nama tempat, serta kata kunci lainnya. Banyak peserta yang gagal karena terlalu asyik mengartikan kosakata-kosakata sulit.

Untuk melatih skill reading, kumpulkan sebanyak mungkin teks berbahasa Inggris. Membaca novel, artikel, maupun postingan di blog akan membiasakan diri kamu dengan berbagai gaya bahasa. Setiap bertemu dengan kata yang dipahami, jangan lewati, lingkari kata-kata tersebut dan cari maknanya di kamus. 

Agar sukses pada tes yang sesungguhnya, memang dibutuhkan persiapan dan cara belajar TOEFL yang tepat yaitu dengan mengikuti kursus TOEFL

Buat kamu yang tertarik untuk mendapatkan informasi cara belajar TOEFL bisa dilihat disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.